A Social Antisocial

Orang-orang yang kenal gue pasti tau, gue bukanlah orang yang sering ngomong. Gue emang dari lahir sampe sekarang masih pemalu dan gak gampang bergaul. Gue gak bisa memulai pembicaraan dengan seseorang yang gak deket di luar kepala. Gue harus kerja keras mikirin topik apa dan gimana ngomongnya, pokoknya harus bener-bener mateng dulu baru bisa gue mulai ngomong. Dan karena itulah, temen gue gak banyak. Yang deket, at least. Seperti yang udah sering gue kasih tau, dari SD hampir 0 yang masih in touch, SMP cuma 2, dan SMA cuma 5. Ya, bahkan yang dari SMA aja cuma dikit.

Tapi, buat orang-orang yang mengenali gue terlalu baik, mereka tau gue gak sependiam itu. Dan mungkin ada baiknya gue gak terlalu vokal di sekitar semua orang, karena percayalah, kalo iya, gue mungkin gak bakal punya temen sama sekali.

Walaupun gue merasa di SMA ini gue udah makin pede ngomong dan bergaul dengan orang baru, tetep aja, gue masih sering pusing kalo ditempatin dengan segerombol orang-orang yang gak gue kenal. Jadi bisa kalian bayangkan, gimana rasanya gue di universitas sekarang.

Ibaratnya peserta Masih Dunia Lain, baru masuk lima menit pertama, gue udah melambai-lambaikan tangan ke kamera sambil jejeritan minta tolong. Dan saat ditanya, "Kenapa anda menyerah? Padahal baru 5 menit jalan, anda sudah berteriak seperti itu. Apa alasannya?"

Gue bakal jawab,

"Tadi setannya teriak mas abis ngeliat saya, jadi reflek ikutan teriak."

Ya. Di dua minggu masa orientasi kuliah gue ini, gue berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi manusia yang lebih sosial. Dan hasilnya?

Weeellllll gak baik, tapi gak buruk juga.

Oke, mari kita mulai dari saat mau terbang ke Jepang.

Gue berangkat bareng 7 murid lain. Cowoknya 5 termasuk gue, dan ceweknya 3, jadi total 8 orang. Gue udah kurang lebih kenal dengan semuanya, tapi tentu saja gue lebih deket dengan yang cowok, karena memang sudah faktanya kalau perempuan dan gue itu bagaikan langit dan bumi. Baru bisa ketemu pas kiamat.

Di pesawat, gue gak terlalu banyak ngobrol sama mereka, karena:

1. Duduknya misah, gue cuma sebelahan dengan satu temen gue.

2. Udah malem, kita semua capek dan ngantuk. Ngomong udah males. Paling basa-basi beberapa detik, udah.

Rute penerbangan kita gak langsung ke Jepang, kita bakal transit dulu di Korea Selatan selama beberapa jam. Perjalanan Jakarta-Incheon memakan waktu 9 jam, dan ya Tuhan, gue belom pernah kebelet loncat dari pesawat sebelum pengalaman itu. Sembilan jam itu lama banget men, apalagi kalo malem. Berangkat jam 10 malem, nyampe di Korea sekitar jam 6-7 pagi, terus ke Fukuoka jam 10 pagi. Dan gue, entah kenapa, di pesawat gak bisa tidur. Gue berusaha sekuat tenaga untuk merem dan tidur, tapi gak bisa-bisa. Gue coba ngitung domba, malah keinget kambing Idul Adha di Masjid gue yang "menikmati" saat-saat terakhirnya dengan kambing betina yang senasib. Jadi mules.

Kalo ada satu hal baik dari penerbangan tersebut, pramugarinya. Wuao. Dan sekarang gue pun sadar, gue udah terlalu jomblo.

Jadilah selama 9 jam gue berusaha untuk menyibukkan diri sendiri, dari main 3DS, dengerin musik, nonton Star Wars di TV pesawat, main game pesawat yang abalnya tiada dua, baca buku, tapi tetep, kok gak nyampe-nyampe yaoloh tolonglah hamba-Mu ini. Gue noleh ke temen sebelah gue, dia keliatannya pules banget. Gue pun nyoba tidur dengan posisi berbeda beda, dari duduk biasa, duduk sila, angkat kaki kanan, angkat kaki kiri, sampe tiduran di meja lipet yang buat makan. Harapan gue meja itu bisa membantu, karena dulu pas SMA gue sering tidur sampe ngiler di kelas dengan posisi serupa, jadi siapa tau gue bisa tidur lelap. Tapi apa daya, tidak ada yang berhasil.

Setelah 9 jam yang panjang, sampailah kita di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan. Nyampe-nyampe, salah satu temen gue ada yang langsung nyelonong tanpa permisi.

"Oi mau ke mana lo buru-buru, ada apaan?", tanya gue penasaran.

"Kaga, gue mau ke sini dulu nih"

"Mau ngapain emang?"

"Nyebat"

Lalu gue liat tanda di atas ruangan yang dia bilang tadi. Smoking room.

Buset, pagi-pagi gini.

Gue dan yang lainnya langsung nyari tempat duduk untuk istirahat, kalo bisa tiduran. Dan, setelah ketemu, salah satu temen gue langsung telentang bagaikan gembel di emperan jalan Jakarta. Gue yang tau sopan santun pun langsung nyeletuk,

"Oi bego, emang boleh tiduran gini? Ini Korea, bukan terminal Gambir."

"Boleh boleh aja lah, lu liat tuh orang Korea aja banyak yang tidur", jawab dia sambil nunjuk ke bapak-bapak oriental umur 30-an yang tidur mangap di kursi seberang.

"Oh iya....gue juga ikutan deh"

Dan dengan begitu, tidurlah gue sampe jam penerbangan selanjutnya.

Penerbangan ke Fukuoka untungnya lebih mengampuni, cuma sekitar sejam dan gue tidur pules sepanjang perjalanan.

Nyampe di Fukuoka, ngantri imigrasi, bikin residence card, ngambil koper, kelar deh urusan. Di luar gerbang, kita udah ditungguin dua mahasiswa universitas gue yang juga orang Indonesia. Mereka beliin kita tiket bus yang langsung ke universitasnya. Kita pun keluar dari bandara untuk ngantri bus. Nah, di sini deh mulai banyak pengalaman baru buat gue.

Kalo di Indonesia, lo keluar bandara, breng, angin panas menerjang. Ketek langsung basah, keringet bercucuran. Di sini, lo keluar bandara, tambah dingin. Ya, saat gue nyampe emang pas musim semi, jadi masih dingin. Dan, sepertinya, teman-teman gue yang lain juga sama kagetnya.

"ANJIR INI DI LUAR KOK MASIH PAKE AC YA"

"BIAYA LISTRIK KAGA MAHAL APA NIH"

Yah, begitulah.

Kita memang sedikit bopung. Tapi biarlah, karena bopung itu merupakan tanda anak Indonesia sejati. Lagian ga ada yang ngerti juga selain kita, jadi gak malu-maluin.

Long story short, perjalanan bandara-kampus sekitar 2 jam, dan selama perjalanan gue ngeliat pemandangan di luar, terlintas di kepala gue,

Shit. Gue udah beneran di Jepang. Gue udah kuliah.

Sendiri. Sepi. Tanpa ada yang menemani. Apa-apa harus mandiri. Abis itu gue tidur. Capek mikir.

"Ror, bangun oi, we're here", kata temen gue sambil nyenggol lengan gue.

"Hah, kenapa? Ini di mana? Siapa? Hah?"

"Buset, tidur lo nyenyak banget ye. Ayok turun, udah nyampe kampus kita"

"Kampus?"

"IYE KAMPUS, BANGUN HOI", seru temen gue setengah menggeplak muka gue.

"ADOH IYA IYA"

Setengah terpaksa, gue pun turun dari bus, ngambil koper, dan disambutlah kita sama representatif universitas yang memimpin kita dan nunjukin apa aja yang ada di kampus. Sesampainya di asrama, kita disuruh ke kantor security asramanya, nyerahin dokumen, tanda tangan sana-sini, terus dapet deh kunci kamar. Gue pun dituntun sama salah satu RA, residence assistants, mahasiswa yang bantuin jadi pengurus asrama, ke kamar gue. RA gue orang Indonesia, dan ternyata dia kenalan Estrella. Bagaimana bisa kenal Estrella? Mereka sama-sama mantan fans JKT 48.

"Gue Kharis, salam kenal"

"Oh, iya, gue Rory, salam kenal"

"Dari SMA mana?"

"Errr tau Sekolah Tiara Bangsa gak? ACS?"

"....kayaknya pernah denger sih"

Dia belom pernah denger.

"Nomer kamar lo berapa?"

"Ngg W 124"

"Oh oke, lewat sini, sekalian gue kasih tau apa-apa aja yang harus lo tau"

"Siap"

Gue pun ngikutin Kharis dari seraya dia jelasin tempat-tempat dan peraturan-peraturan dari asrama kampus gue ini. Sesampainya di kamar gue, dia juga ngejelasin gimana cara buka kunci kamarnya, nyalain listrik, jadwal heater/AC, abis itu udah deh. The room is finally all for myself. Hal pertama yang gue lakukan adalah, udah pasti, setup internet. Satu-satu kabel gue colokin, dan setelah satu jam penuh kebingungan, sukses. Untuk pertama kalinya gue nyicip internet Jepang. Dan gue sujud syukur atas karunia ini.

Internet beres, gue pun mencoba beresin kasur, pasang seprei dan sebagainya. Dan, sebagai anak ibukota yang kurang independen, gue frustrasi 2 jam. Ya, gue lebih jago ngurusin kabel dibanding masang seprei kasur. Tapi setelah gue bersusah payah, jadi juga surga gue selama setahun ke depan.

Rencana awal gue nyampe asrama cuma satu: tidur pules sampe puas. Tapi, anehynya, gue udah gak ngantuk. Gue pun akhirnya keliling-keliling kampus, dan akhirnya makan bareng temen-temen di kafeteria.

Dari hari gue nyampe, gue punya kurang lebih seminggu sampe kegiatan orientasi dimulai, berarti gue punya seminggu untuk nyari temen.

Or at least that was my initial goal.

Udah hampir abis seminggu itu, gue baru kenal satu orang; namanya Kei, orang Jepang, tepatnya kota Tokyo. Dia nyampe bareng sama rombongan gue. Orangnya kurus tinggi berkacamata. Dia cerita kalo dia dateng dari SMA internasional di Tokyo, jadi bahasa inggrisnya lumayan lancar dan gak berlogat Jepang, walaupun pilihan kata yang dia pake gak terlalu banyak. Tapi itu pun udah cukup buat dia untuk cerita banyak soal kehidupannya sebelum kuliah.

Satu hari, RA asrama gue ngadain building party, jadi penghuni-penghuni di gedung gue ngumpul bareng untuk main games dan makan-makan. Acaranya garing. Tapi yah, dapet makan gratis, jadi okelah, gue gak bakal protes. Gak cuma itu, di building party inilah gue ketemu sama temen yang, well, I wouldn't say close, but I've spend quite a lot of time with him. Pas acara ice breaker, para penghuni dipisah menjadi grup-grup kecil, dan gue segrup sama ini orang. Satu-satu dari kita disuruh nyebutin nama, asal, dan berpose, dan semua itu harus dihafalin sama semua anggota grup.

"Erhm my name's Rory from Indonesia, aand euuh nice to meet you", terus gue pose a la ABG alay dengan jari bentuk pistol di dagu. Lalu, giliran temen gue.

"My name's Takamura, I'm from the Bay Area and...", abis itu dia nge-dab.

Amerika abis nih orang.

Setelah selesai, kita pun makan-makan, dan gue ngobrol dengan si Takamura. Bapaknya orang Jepang, sedangkan nyokapnya Chinese-American. Dia murid transfer tahun ke-3, tapi mukanya gak menampilkan umurnya. Dia umurnya udah 21 tahun, tapi dia keliatan seumuran gue. Dan ya, for some reason, he's a chick magnet.

Ada satu cewek yang tiba-tiba nongol entah dari mana pas gue lagi ngobrol sama dia, si cewek bilang,

"Hello, your name is Takamura, right?"

"Yeah"

"Oh, nice to meet you. I'm Gibby from Thailand. You're from America, right?"

"Yea, nice to meet you t-"

"Do you have LINE? Can I add you?"

Buset. Ini cewek kok gak nyantai banget ya. Dan, lebih lagi, kenapa yang diajak ngomong Takamura doang? Gue daritadi cuma berdiri ngeliatin si cewek Thailand yang pake Holcim sebagai makeup ini seraya dia menyerang Takamura.

"Euuh yeah, sure", jawab si Takamura, agak bimbang.

"Ok can you write it down here, because I don't have internet right now", kata si Gibby sambil nyerahin secarik kertas.

Dan, seakan kaget dan baru sadar kalo ada manusia yang berdiri tepat di sebelah Takamura, si Gibby pun tiba-tiba bilang,

"Oh...."

Hening. Dia ngeliatin gue. Gue cuma senyum dan siap-siap ikutan nulis di kertas itu.

"What's your name, again?"

Sialan.

Padahal, kita bertiga satu grup, kenapa dia ingetnya si Takamura doang?

"Oh, hahah Rory. From Indonesia."

"Oh", ujar dia, terus dia lanjut ngomong, "Nice to meet you". Udah. Gitu doang.

Abis Takamura selesai nulis, Gibby pun langsung cabut, dan gue merasa terhina sebagai manusia. Gue merasa tak kasat mata. Tapi ya sudahlah.

Kita pun lanjut ngobrolin banyak hal basa-basi, sampe akhirnya nyampe satu topik.

"Dude, in America, athletes are crazy. Even a division 2 player is still relatively really good", ujar dia.

"Yeah, I heard. Oh, you know one of my friends played basketball all the time and he still got into Berkeley"

"Oh shit, really?", lalu ada hening sejenak, terus dia nanya,

"You play basketball?"

"Yeah...you play basketball?"

"Yeah, hell dude that's what I've been tryna do ever since I got here"

Dan dengan begitu saja, temen gue nambah satu.

Kita berdua pun memutuskan untuk cabut duluan dari building party untuk main basket di belakang gedung asrama sebelah. Gue pun cepat-cepat balik ke kamar, ambil bola dan sepatu, dan langsung ke asrama sebelah. Lapangannya bener-bener lapangan, better than my expectations. Ring-nya masih berdiri dan ada net-nya, walaupun tingginya agak lebih pendek dan lapangannya sendiri berbahan aspal, yang berarti kalo lo jatoh, wassalam. Selamat tinggal dengkul mulus.

Kita pun mulai shootaround ngobrol-ngobrol, saling kenal satu sama lain sekalian pemanasan. Dia produk asli San Francisco, lahir dan gede di sana. Gak lama setelah itu, tiba-tiba dua cowok Nepal, yang kelihatannya kayak udah kawin-cerai 5 kali, nyamperin kita dan minta ikut main. Kita setuju, dan main 2v2.

Have I mentioned our school is on top of a mountain and it was spring time in Japan and it was really, really cold? It was so cold I didn't drop a single sweat, padahal gue main lari-lari ke mana-mana selama entah berapa jam.

Lama-kelamaan, banyak orang dateng, dan kita pun akhirnya main 5v5 full court. Kebanyakan dari mereka bukan pemain basket. Heck, they didn't even know the basic rules of basketball. Ini bikin gue dan Takamura agak panas. Terutama Takamura. Dia hampir nonjok pemain lawan seenggaknya lima kali dalam permainan tersebut. Gue cuma sekali.

BUT, in my defense, I got punched straight in my nutsack. Dia mencoba mengambil bola dari gue, tapi kayaknya dia ngincer bola yang salah.

Masa depan gue terancam oke, marah dikit gapapa lah.

Tapi, di antara semua pemain lawan yang lari aja belom lulus, ada satu orang yang gerakannya lebih mulus dibanding yang lain. Dia orang Jepang. Abis selesai main, gue dan Takamura pun kenalan dan ngajak ngobrol orang Jepang tadi. Namanya Katao, dari Osaka. Bahasa Inggrisnya agak terbata-bata tapi not the worst lah. Seenggaknya, dia gak kayak orang Jepang lain yang kalo gue nanya sesuatu, respon mereka cuma, "あ、そうそう" (ah, sou sou) yang artinya cuma "iya, bener bener". Contohnya, gue pernah ngobrol sama satu orang Jepang, namanya Shin, dan sayangnya bahasa inggrisnya nggak bagus.

"Oh so you play football?"

"Yes, I purei sakka, futtoboru"

"Hoo I see. So who's your favorite Japanese soccer player?"

"Ah, sou sou"

".................ok"

Ya. Canggung abis. As if making friends wasn't already hard enough.

Oke, balik ke Katao. Dia mantan atlet American Football dan sering juga main basket di waktu senggangnya. Pantesan.

Karena laper, kita bertiga memutuskan untuk makan di cafeteria, dan ngobrol lebih banyak selama jalan ke sana. Obrolan kita juga udah lebih personal, contohnya: ngomongin cewek.

"Dude", kata si Takamura.

"What?"

"The chicks here are hella cute"

Buset. Baru seminggu di sini udah betah aja dia.

"Do you have a girlfriend, Katao?", tanya si Takamura.

"Ah yes, my girlfriend make this for me", jawab si Katao sambil nunjukin gantungan kunci bentuk jersey American Football.

"Wooh is she also in this university?", tanya gue kepo.

"Ah no no, she is in Osaka"

"Ooh okay"

Takamura pun lanjut nanya gue, "What about you Rory, have any girlfriend?"

"I had one."

"One?"

"Yeah. One."

"One?"

"Yes, one.."

"Only one?"

"YES, ONLY ONE, WHAT THE HELL MAN."

"DUDE, WHAT THE HELL, I'VE HAD AT LEAST FOUR."

"...yea well okay, good for you, what's your point?"

"How many girlfriends have you had Katao?", ujar Takamura.

Katao diem sebentar, mencoba ngitung berapa mantan pacar yang dia punya, lalu menjawab,

"Yeah, I think I also have at least four"

"SEE, THAT'S MY POINT."

Aku juga pengen disayang

........pantat kambing.

Baru temenan selama beberapa jam, gue udah dibantai habis-habisan. Gue udah dibikin gondok sama temen-temen baru gue.

"..........shutup ok, I'm not good with girls"

Dan mereka cuma lanjut ketawa, dan gue tentu saja ikut ketawa walau dalam hati udah nangis jejeritan pengen punya pacar.

Kita pun makan dan, untuk mengingat kali pertama "nemu temen dari negara lain" kalo kata si Katao, kita pun ambil foto bareng.

Dari kiri: Takamura, gue (yang item sendiri), dan Katao
Kita pun saling tuker LINE dan bikin grup, kalo-kalo lain kali mau main bareng lagi. Dan, sampe sekarang, kita masih sering main bareng di lapangan belakang asrama.

So yeah, I can say that my uni life is off to a good start. I just hope that it'll only get better from this point on.

Comments

Popular Posts