Obsession

Tiap orang pasti punya setidaknya satu hal yang mereka obsesikan. Wujud obsesi tersebut juga beragam adanya, terentang dari apa sampai siapa. Gue? Pastinya lah gue punya obsesi. Selama hampir dua dekade gue hidu-

Oke, sebentar, kalo gue bilangnya gitu, kesannya gue udah tua banget. Udah mau 20, udah mau dewasa. Idih, najis.

Selama delapan belas tahun lima belas bulan gue hidup, daftar obsesi gue udah sangat panjang. Tentu saja, gak semua obsesi tersebut gue masih obsesikan sampai sekarang. Banyak dari obsesi tersebut merupakan obsesi jangka pendek, tapi ada pula beberapa yang berlangsung cukup lama, seperti selama 2 tahun lebih misalnya. Nah, beberapa dari kalian yang pinter-pinter, calon-calon detektif, pasti udah sotoy berpikir, "wah, gue udah tau nih si Rorjing mau ngomongin apaan kalo udah ngomongin 'obsesi', wah, udah lah, udah tau gue". Dan, yah, dugaan kalian, apa pun itu, gue bisa benarkan.

Di post ini, gue bakalan ngomongin obsesi gue dengan...










Jeng jeng jeng.











Yep.

Mbak Britni Supir.


Apa? Kenapa ada gambar radio di awal post?

Gak tau, bukan saya yang naro.



Oke, jangan shock dulu, sebelum kalian menghujani selera musik dan selebritis gue dengan kritik, ini obsesi gue jaman dulu. Jaman baheula. Kapan tepatnya? Dulu banget.

Sekitar gue TK. No, actually, pas playgroup malahan. Sekitar umur 3~5 tahun. Yap. Anak playgroup terobsesi sama Britney Spears. Gue mulai dari dini. Sangat dini.

Syaiton.
Semasa gue balita, seperti yang gue tulis di halaman perkenalan blog ini, kedua orangtua gue bekerja nine to five, yang berarti setiap pulang sekolah, gue dititipkan ke eyang gue. Pada waktu itu, salah satu tante gue masih sangat muda, masih kuliah kalo nggak salah. Nah, seperti lazimnya anak muda gaul di awal era 2000-an, tante gue ini punya koleksi CD dari beberapa musisi-musisi barat yang sedang naik daun, Britney Spears merupakan salah satunya.

Nah, semasa gue diasuh sama eyang gue, my aunt played a lot, and I mean a lot of Britney Spears, sampe titik di mana gue hampir hafal alur lagunya. Gue, layaknya bocah, jadi penasaran dan pengen tau siapa penyanyi dibalik lagu-lagu repetitif-tapi-enak-dan-mudah-diingat tersebut. Jadilah gue diperkenalkan ke mbak Britni oleh tante gue.

Pertama kali ngeliat CD Britney Spears bagaikan jendela ke dunia lain buat gue. Bagaikan besi dengan magnet, gue gak bisa lepas dari CD tersebut. Gue gak inget albumnya yang mana, kayaknya itu kayak semacam album kompilasi gitu, tapi satu yang gue tau, cover albumnya ada gambar Britni keliatan udelnya. Sejak saat itu, gue tidak pernah terobsesi sama udel lain layaknya sama udel mbak Britni.

Kesenangan gue terhadap mbak Britni semakin hari semakin memburuk, gue bagaikan mencandu alunan merdu mbak Britni. Mbak Britni juga sering nongol di televisi, obsesi gue udah gak karuan. Lagu-lagu seperti Baby One More Time, Oops!...I Did It Again, dan I'm Not A Girl, Not Yet A Woman bersenandung di kepala gue nonstop. Tiap music video-nya Britni diudarakan, gue langsung anteng duduk di depan televisi. Gue juga nggak malu-malu soal rasa suka gue terhadap mbak Britni. Gue inget, dulu pernah ngomong ke nyokap gue selagi MV-nya Oops!...I Did It Again lagi main dan gue berdiri di depan layar kaca.

"MAH, MAH, MAMA TAU GAK KALO DI TOM JERI LIAT ADA CEWEK, MATANYA LANGSUNG TOWEWEW *dengan gestur tangan seakan mata gue mencuat*, KELUAR GITU, INI RORY CERITANYA MATANYA KAYAK GITU MA, NGELIAT BRITNI, LIAT DEH, TOWEWEW *dengan gestur tangan yang sama*"

Nyokap gue hanya bisa bereaksi seadanya.

And yes, I used to refer myself by name, kayak pokemon. Gue entah kenapa tidak suka menggunakan "aku" dulu, padahal udah diajarin berkali-kali.

Karena sudah bosan (dan ada sedikit desakan dari gue yang tidak berhenti ngambek), CD Britney Spears milik tante gue pun diberikan ke gue. Ini berita bahagia buat gue, dan berita buruk untuk orangtua gue. Gue masih inget mereka mencoba trik apapun yang mereka tau untuk mengganti CD Britney Spears ke siaran radio, mereka sudah muak. Setiap di mobil, dengerin Britney Spears itu hukumnya w a j i b. Sempet, satu malam, di jalan pulang dari luar, gue ketiduran. Orangtua gue, mengira situasi sudah aman, mengganti CD Britney ke siaran radio. Sayangnya, kebebasan tidak berlangsung lama. Gue bangun, dan hal pertama yang gue sadari adalah INI BUKAN SUARA MBAK BRITNI YANG KELUAR DARI RADIO, dan orangtua gue, tidak mau menangani gue yang rewel, kembali memutar CD Britney Spears yang sudah mereka ingin buang dan bakar.

Puncak obsesi gue dengan Britney Spears terjadi di Pondok Indah Mall. Dulu baru ada satu, jadi gue gak perlu spesifikasi Mall yang mana. Kalian tau kan, kalo di toko-toko elektronik, biasanya yang diputer di TV display-nya itu kalo nggak random artsy stuff, highlights olahraga (sepak bola, balapan F1, dst.), atau kalo nggak konser musik.

Di toko elektronik tersebut, saat melintasi bagian televisi, tebak siapa yang sedang naik panggung. Yeap. Siapa lagi kalau bukan pemilik udel legendaris yang menjadi obsesi masa kecil gue, mbak Britni. Gue langsung siap grak, diam di tempat. Gue terpaku di lorong bagian televisi. Seperti yang gue sudah bilang, orangtua gue udah muak dengan Britney. Lagi pula, mereka juga masih mau liat-liat ke bagian lain dari toko tersebut, gak cuma bagian televisi. Hal ini membuahkan dilema buat gue, karena sebagai bocah tiga tahun, gue gak mau ditinggal bokap nyokap sendirian di PIM. Akan tetapi, Britney Spears lagi manggung ini hoi, aku pingin nonton.

Berkali-kali bokap nyokap berusaha membujuk gue untuk pergi, tapi gue tak kunjung bergerak. Gue bersikeras, gue bakalan nonton mbak Britni sampai tumpah darah terakhir(?). Perdebatan antara gue dan orangtua gue semakin panas, sampe mas-mas dan mbak-mbak tokonya kepo. Akhirnya, orangtua gue mengeluarkan "kartu as" mereka.

"Ya udah, kalo gitu kamu nginep sini aja ya, Mama sama Papa pulang. Ya?", ujar nyokap.

Mereka pelan-pelan berjalan menjauhi gue, dan gue, yang sekarang bingung antara lari atau nonton idola kesayangan gue, semakin panik. Orangtua gue makin lama makin menjauh, tapi konsernya juga semakin heboh. Gue panik, bolak-balik nengok antara TV-orangtua-TV-orangtua, dan akhirnya, kepanikan gue memuncak. Dan gue lakukan apa yang paling jago dilakukan semua bocah ingusan.

Nangis. Histeris.

Gue emang memalukan.

Tidak lama, gue jadi tontonan orang. Bayangin aja, ada bocah di tengah toko elektronik nangis diiringi senandung lagu What It's Like To Be Me.

Must've been one helluva poetic scene, I'd reckon.

Setelah itu, gue gak inget apa yang terjadi. Yang pasti, gue gak nginep di PIM, dan obsesi ini tidak berlangsung terlalu lama. Gue akhirnya bosen sama Britney dan loncat ke Westlife. Oh man, the number of times I listened to Uptown Girl.

Sekarang, gue tentu saja udah gak lagi terobsesi dengan Britney Spears. Selera musik gue untungnya udah berubah drastis. Dan, gak cuma itu, I'm sorry to say, but, mbak Britney...



udelmu udah bukan lagi udel favorit gue.

Comments

Popular Posts