The Origin of a Name

Selama hampir 15 tahun gua hidup, dari mulai Playgroup sampe sekarang SMA, gua banyak menerima reaksi dan juga pertanyaan dari banyak orang dari mulai guru, temen, orangtua temen, sama pak satpam yang jaga gerbang depan sekolah gua. Jadi, tiap ada orang baru kenal sama gua, reaksinya hampir sama. Bayangin men, kenalan sama orang selama 15 tahun, REAKSI PERTAMA MEREKA SAMA, BOSEN OI. Emang, mereka bereaksi tentang apa sih? Kegantengan gua? Nggak, nggak mungkin, gua tidak, gua ulangi TIDAK ganteng. Blas. Karena gua imut? Bah, paling cuma pas di tahun-tahun gua baru hidup, gak ada semasa gua SMP atau SMA bilang gua imut. Ya mungkin kalo mereka gua kasih Rp50.000 hal-hal yang baik dulu, mereka mau. Tapi belom, kenyataannya belom. Jadi, orang-orang mengeluarkan reaksi yang sama saat kenalan sama gua karena nama gua. Ya, nampaknya nama gua membuat beberapa orang kebingungan dengan orientasi seksual gua.

Ya, jadi nama lengkap gua itu Aurora Azhar Afirianto. Aurora. Princess. Berarti cewek. Begitulah cara berpikir kebanyakan orang yang amat sangat stereotip. Guys, OPEN YOUR EYES. Nama itu universal! Gak semua Aulia itu cewek, Ari itu juga bisa cewek bisa cowok, dan yang paling penting, GAK SEMUA AURORA ITU CEWEK, NGEHE. Ehem maaf, saya sedikit terbawa emosi tadi. Hampir setiap gua kenalan sama orang, ditanya "Eh nama lengkap lo apa?" dan gua jawab dengan nama gua, pasti mereka bereaksi "Lah kok Aurora cowok sih?" lalu tertawa terpingkal-pingkal. Ke tingkat yang lebih formal juga gitu, misalnya guru. Gua inget banget, dari pertama gua sekolah sampe sekarang, tiap naik kelas dan gurunya baru, reaksi mereka sama. Persis. Gini nih:

*Hari pertama masuk SD*
Guru: "Oke anak-anak, saya absen ya! Murid 1 mana?"

Murid 1 : "Saya bu!"

Guru: "Oh iya, terus Murid 2 mana nih?"

Murid 2 : "Saya bu! Saya!"

Guru: "Ooh kamu, wah semangat banget ya! Hmm terus....Aurora Az-eh...Azhar Afri-eh....Affffirianto! Iya, Aurora Azhar Afirianto mana?"

Gua: "Saya bu!"

Guru: "Ooooh kamu cowok? KIRAIN SAYA AURORA CEWEK"

.......ohmaigat. Bu, taukah ibu perkataan ibu tadi menyakitkan bu? APA IBU PERLU BUKTI HAH?!?! Akta kelahiran gitu lhoo maksudnya, dasar ngeres.

Hahaha becanda deng, gua dari dulu gak pernah sakit hati kok kalo ada orang bilang gitu. Ya walaupun di awal-awal masa sekolah, hal ini menjadi sedikit beban karena temen-temen suka ngata-ngatain gua, but it's cool. Gua malah serasa selebritis dulu waktu SD, berhubung dulu gua gak pinter berteman dan juga pemalu.

Tiap gua naik kelas pasti, PASTI gitu. Tiap ketemu temen baru, pasti kaget. Tiap ada guru baru, sama juga kaget. Jadi lama kelamaan, gua udah kelewat terbiasa sama reaksi ini. Dulu, tiap dibilang gini, gua pasti langsung malu gak karuan. Kalo sekarang, gua tinggal bilang "Ahahaha gak apa-apa kok, sudah reaksi umum".

Gak cuma nama lengkap, nama panggilan gua juga gak kalah ngebingungin. Saking ngebingunginnya, gua sendiri juga kadang bingung sama nama panggilan gua. Yap, nama panggilan atau nickname gua adalah Rory. Reaksi orang terhadap masalah ini juga sama setiap tahun. Nih, contoh kasusnya:

*MASIH hari pertama SD*
Guru: "Oke anak-anak, tadi sudah ibu sebutkan namanya satu-satu, sekarang kalian maju kedepan perkenalkan diri kalian sendiri ya biar bisa saling kenal! Ngggg kita mulai dari....Aurora!"

Gua: "Emm halo teman-teman, errrhhh....nama s-saya..Aurora Azhar Afirianto. Eh, ehm, SAYA COWOK. Terus, teman-teman bisa panggil saya Rory".

Sekelas (termasuk guru): "HAAAAAAH?"


Begitulah.


Emang, Aurora Azhar Afirianto itu gak ada sama sekali unsur Rory-nya. Gua inget dulu waktu kelas 1 SD, temen-temen sekelas gua terus bertanya hal yang sama dari hari ke hari, "Eh nama kamu Rory dari mananya Aurora Azhar Afirianto sih? Kok gak nyambung?" berhubung gua juga gak tau dan juga males cari tau, gua bilang aja, "Nggg dari Aurora, tapi 'a'-nya diganti sama 'y', gitu". Udah selesai urusan, ga ada yang nanya-nanya lagi. Ada satu kasus lagi di mana salah satu temen gua udah sangat desperate bingungnya, dia lapor ke guru gua dan bilang, "Bu, Rory itu nama lengkapnya bukan Aurora, tapi AURORY"......kalau gua dulu udah kayak sekarang, gua pasti bilang "SIAPA LO NYET, SEENAK JIDAT GANTI-GANTI NAMA ORANG?!" Tapi sayangnya, gua dulu baru umur 6 tahun. Gak tau apa-apa. Yasudahlah.

Semua ini berawal ketika gua lahir, pada tanggal 21 Juli 1998, hari Selasa, jam 6 pagi, Jakarta, mobil jadul eyang gua (yang sekarang udah entah di mana keberadaannya). Yes, I was born in a car. Bukan mobil ambulans, tapi emang bener-bener mobil pribadi punya eyang gua. Lahir di ambulans/rumah sakit itu udah mainstream. Gak laki (apa hubungannya coba -_-). Oke, kembali ke cerita. So, gua itu anak pertama dari keluarga besar gua, in both sides of my parents. Which means, gua adalah cucu pertama buat eyang gua. Karena saat itu gua lahir di Jakarta, jadi eyang dari pihak bokaplah yang pertama kali ngeliat gua brojol dan tentu saja, yang ngasih nama. For your information, eyang gua tersebut itu orangnya sangat passionate kalo udah masuk urusan cucu, apalagi waktu itu cucu pertama. Jadilah, gua dinamain sama eyang gua, specifically Eyang Mama (atau Eyang Putri, atau apapun sebutan yang lo mau). 

BUKAN, SEKALI LAGI BUKAN EYANG SUBUR. Gua bukan hasil peranakan dari manusia ngawur itu.

Ya, jadi sesaat setelah gua dapet perawatan medis, udah digendong sama nyokap, eyang gua langsung bilang, "Ini anaknya dikasih nama Rory aja ya, kan kedengerannya keren, udah gitu jarang ada di Indonesia! Udah Rory aja ya?" Sepertinya, eyang gua terobsesi untuk punya cucu yang ganteng dan mirip-mirip bule. Lalu untuk nama Aurora, sekali lagi adalah keputusan eyang gua. Kali ini, eyang gua juga punya alasan yang legit, "Eh terus buat nama depannya Aurora aja, kan Aurora itu artinya cahaya, nah kan lahirnya pagi-pagi, jadi pas. Kedengerannya juga keren, unik".

Tapi sepertinya eyang gua lupa mempertimbangkan kalau kelak orang-orang akan dibuat bingung dengan nama yang diberikan olehnya. Untuk ide Rory, kedua orangtua gua setuju-setuju aja. Tapi untuk nama Aurora, mereka mikir-mikir dulu. Mereka (katanya) takut nanti gua jadi punya beban mental hasi diejek-ejek punya nama cewek. Tapi berhubung gua cucu pertama buat eyang gua, usulan itu diterima. Nama gua lalu ditambahin Azhar Afirianto, biar ada kesan cowoknya yang pada akhirnya gak ngaruh juga karena orang-orang sialan itu terlalu stereotip dengan Aurora.

Yah, tapi pada akhirnya, gua gak ada beban mental sama sekali. Gua malah bisa dibilang bangga punya nama kayak nama cewek, karena gua seakan punya trademark sendiri atau apapun itu. Yah gua juga gak ngerti deh. Pokoknya gitu lah ya.

Comments

Popular Posts