Suka-suka di Sukabumi (Bagian Loro)

Tempatnya bernama Kampoeng Padi. Letaknya bener-bener di tengah antah berantah. Di Sukabumi sih, tapi Sukabumi-nya bagian yang jarang terjamah orang luar. Sedap abis bahasanya. Tempat penginapan ini kayak villa-villa gitu deh. Lokasinya enak buanget. Udaranya seger, gak banyak kendaraan motor hilir mudik. Pemandangannya sawah terbentang luas, udah gitu kamar-kamarnya juga aduhai.

Oke, bahasa gue udah kelewat puitis kayaknya. Tapi lo ngerti lah ya.

Jadi, pertama-tama kita ketemuan sama yang punya villa tersebut sekaligus yang bakal bantu kita dalam hal pendanaan. Namanya Bu Hindun, sama ada suaminya yang gue lupa namanya. Kita bahas semua-mua yang berkaitan dengan duit yang diperlukan buat project ini. Setelah selesai, kita liat-liat kamar-kamar yang nantinya bakal jadi tempat nginep kita. Bagus. Banget. Walaupun kamarnya relatif kecil, tapi tetep aja bagus. Kita ditunjukin kalo ga salah 5 kamar yang berbeda, yang bentuk dan interiornya beda-beda. Keren semua bo'.

Abis itu semua selesai, baru deh kita ke sekolahnya. Kita masuk makin jauh ke pedalaman Sukabumi, dan jalannya pun udah gak lagi aspal, melainkan tanah. Jalannya ga rata, ajrut-ajrutan. Jadi yah, bisa dibilang kita di dalem bus sedikit berdisko. Pas udah nyampe tempatnya, langsung muncul banyak buanget anak-anak. Kita langsung diliatin, jadi serasa artis gitu deh. Atau kalo nggak serasa kayak koruptor yang diserbu fans, eh, maksudnya wartawan pas baru keluar dari ruang sidang. Tanpa dijatuhkan hukuman tentunya, jadi keluar-keluar mukanya sumringah gitu.

Oke, kembali ke topik.

Kita pun langsung bertemu kepala sekolah dari TK-nya kalo ga salah, dan kita diajak tur ke ruang kelas di sana. Kita juga diceritain apa aja yang dipelajarin buat TK, SD kelas 1, dan SD kelas 2 (kita bakal ngajar kelas-kelas itu). Kita juga ngejelasin rencana-rencana kita. Nah setelah semua itu selesai, kita ngukur area yang bakal kita bikin buat project kita (selokan, kon-block satu lapangan, pavements buat turunan tanah biar ga longsor). Yang kerja ngukur-ngukur, gue (nasib pemuda berpenampilan seperti kuli). Yang nyatet datanya, Estrella. Sirhc, bantu-bantu dikit. Yang cewek-cewek? Gatau deh, mungkin lagi ngomongin tentang seberapa gaulnya mereka yang nonton konser seorang penyanyi yang hot tapi mereka gak tau lagunya satu pun. Atau mungkin diculik, tapi ga jadi karena penculiknya males terus dibalikin lagi, gatau deh. Who knows?

Sebenernya kerjaannya gak terlalu ngerepotin, apalagi pake meteran yang bisa dikerek kalo mau digulung. Masalahnya, grip dari kerekannya itu putus. Telek wedus.....apa-apaan ini?! PHP abis. Lebih PHP dari Kurs*UHUKUHUEEEK* maksud saya kursus yang menjanjikan lulus UN. Ya, temen saya ada yang ketipu loh. Mau saya ceritain? Ehm, maaf oke mari lanjut.

Setelah kita selesai, kita pun jalan balik ke bus, tentu saja melewati kerumunan anak-anak lagi. Oke, sebelum gue lanjut, buat kalian yang tidak mengerti tanah air sendiri, Sukabumi itu termasuk Jawa Barat, yang berarti di sana pake bahasa sunda. Gue kebetulan bisa bahasa sunda dikit-dikit, jadi gue iseng ngomong ke anak-anak tersebut dengan bahasa sunda.

'Kumaha, damang?'----> gimana, baik? (maksudnya 'apa kabar' gitu lho).

Baru aja gue membuka percakapan, mereka langsung dengan penuh semangat dan antusiasme menjawab serempak,

'DAMAAAAANG!!!!!11!!!' ----> BAIIIIIIIK!!!!!11!!! (gue pake tanda seru dan juga 1 di sini buat menekankan seberapa bahagianya dan betapa kerasnya mereka teriak).

Begitulah.

Ya, buat lo mungkin hal ini biasa aja atau kelewat sinetron atau apa lah itu, but I gotta tell you men, the smiles on their faces, it really brushes away all your complaints and worries. I mean, mereka baru di sapa seseorang yang gak dikenal dalam bahasa keseharian mereka udah seneng banget. Mereka saking senengnya ada yang sampe tos-tosan sama gue, ada yang hampir meluk (anaknya cowok btw), dan malah ada juga ketika gue udah mau naik bus, ada tiga anak menyapa gue

'Aa, kumaha, damang?' ---> kakak, apa kabar?

Yang lalu tentu saja gue jawab,

'Eeh hahaha damang damang!'

Gue agak kaget tentunya. Dan guess what? Mereka bikin gue lebih kaget lagi, mereka cium tangan gue. Ya, nyium tangan (well not exactly nyium sih, more like ngejidat -.-) kayak lo sama guru atau orangtua lo. Gue bener-bener tersentuh. Parah.

Akhirnya, kita balik ke Kampoeng Padi buat makan siang. Pas makan, tentu saja kita nggosip. Tentang siapa? Bukan, bukan tentang perselingkuhab penyanyi ganteng atau semacam itu, tapi Cuih. Ya, ternyata eh ternyata cewek-cewek dari kelas lain itu juga punya pandangan yang sama seperti kebanyakan eks anak 10R. Lebih parah mungkin. Mereka ngomongnya berapi-api, kayak Bung Tomo dengan semangat '45-nya memberi pidato.

'IH gila gua kesel buuanget sama tuh anak, gayanya kayak ew sok laku banget. And tau gak sih, IH maigat dia sok preman banget sok make cincin segala lagi ih dasar singapur alay blablabla...'

Yap, gitu deh.

Abis makan, gue beberapa kali main foosball lawan Estrella. Gue menangin semua pertandingannya. Beuh. Tapi abis itu gue main catur lawan dia. Kalah telak. Gembel abis.

Kita pun akhirnya pulang. Kita pamit ke bu Hindun dan suaminya, dan langsung cabut. Perjalanan pulang kita lebih banyak tidur, karena pertama, kita capek dan kedua, ga ada kerjaan.

Oh iya, hari itu juga jadi 1-month mark buat gue dan Radio, jadi gue agak galau juga sebenernya di Sukabumi, tapi untungnya she's kind enough to understand it all. Gue inget, dia juga inget. Jadi gak galau-galau banget lah.

I had a lot of fun that day.

Comments

Popular Posts