Please don't kill me ladies

Oke, sebelum gue mulai, gue cuma mau bilang kalo post ini bakal agak sexist, jadi untuk para feminis di luar sana, tolong jangan bunuh saya. Saya mendukung hak-hak wanita juga kok. Wanita memang layak untuk mendapatkan dapur yang bisa merangkap kamar tidur.

Dari pengamatan gue, yang namanya kaum hawa itu dewasanya jauh lebih cepat dibandingkan kaum adam, seperti gue. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat dan mudahnya mengakses berbagai informasi, sepertinya sekarang anak-anak perempuan makin terlalu cepet jadi dewasanya. Ambil contoh adek gue. Dia sekarang duduk di kelas 5 SD. Pada suatu pagi, gue terbangun karena suara makhluk yang sangat menyakitkan telinga. Kim Kardashian. Gue, yang masih setengah hidup, berpikir, ‘hah, ini ngapain mbak Kim ada di rumah gue? Lagi silaturahmi?’ Tapi itu gak mungkin, lebaran kan masih jauh.

Setelah sedikit lebih sadar, gue baru ngerti bahwa ada yang lagi nonton acara Keeping Up With The Kardashians di ruang keluarga gue. Mungkin nyokap, pikir gue lagi. Terus gue liat jam di handphone gue, udah jam 10. Gak mungkin nyokap masih di rumah jam segini, dia pasti udah berangkat kerja dari pagi. Beranjaklah gue dari tempat tidur, jalan ke ruang keluarga, dan mendapati…adek gue lagi nonton E! Channel yang lagi siaran acara tersebut. Pemandangan yang sangat mengecewakan. Gue sebagai kakak sudah gagal, sodara-sodara.

Mungkin kalian pikir ini biasa, karena, well, adek gue cewek dan dia, sebagai anak yang lahir di abad ke-21, sangat terpengaruh oleh globalisasi. Gila, udah kayak belajar PKn aja jadinya.
Tapi meskipun dibilang gitu juga, gue tetep nganggep ini aneh. Adek gue, kelas 5 SD, umur baru juga masuk kepala satu, udah nonton acara yang pada dasarnya merupakan sinetron untuk kaum elit. Sedangkan gue yang udah lulus SMA, tontonan favoritnya…Adventure Time di channel Cartoon Network.

Gue sampe bela-belain torrent lima season dari acara itu di laptop gue dan nonton maraton selama dua hari.

Mungkin itu bisa jadi salah satu alasan kenapa gue bukanlah cowok idaman.

Pengamatan gue gak cuma sampe situ. Kalo misalnya gue sedang ngumpul dengan beberapa temen-temen gue dan kita ngobrol, yang biasanya memulai topik pembicaraan yang amat mendalam dan filosofis adalah temen gue yang perempuan. Misalnya;

Temen cowok: “Wes, jadi gimana lo kuliah? Masuk mana?”

Temen cewek: “Gue masuk Universitas Anu hehe.”

Temen cowok: “Wah gila, kan susah masuk situ. Apalagi buat anak sekolah internasional, ya kan?”

Temen cewek: “Iya emang. Tapi ya, gue gak ngerti banget sama pendidikan di Indonesia. Sistem pendidikan kita tuh masih cetek banget, masa ujian cuma pilihan ganda? Apaan coba, terus anak-anak di sekolah nasional juga gak bisa milih mata pelajaran yang mereka mau, jadi kesannya mereka kayak dipaksa untuk belajar. Sama halnya kayak agama, kita di Indonesia tuh entah kenapa agama blablablabla…”

Dan jadilah sesi ceramah selama tiga jam.

Gue sebagai cowok entah kenapa lebih suka pembicaraan yang enteng, apalagi kalo lagi kumpul bareng temen-temen. I mean, come on, we’re trying to have fun here, bukan meratapi nasib bangsa kita oi.

Lagi, ini merupakan fakta bahwa emang perempuan berubah menjadi dewasa lebih cepat dari laki-laki. Tapi gak seperti laki-laki, di pandangan gue, mereka kok malah pengen jadi tua. Gue sebagai cowok malah gak mau ngomong seakan gue udah punya cucu cicit. Contohnya aja, pas gue dateng ke acara buka puasa bersama di rumah temen gue yang sebagian besar tamunya adalah perempuan, mereka udah ngomongin soal menikah dan punya anak dan hal-hal menjijikan lainnya yang nyerempet topik itu.

Mendengar pembicaraan mereka yang menurut gue absurd bikin gue geli abis. Kita umur aja belom legal untuk nikah kampret, nafsu kalian ini segede apa oi.

Yah, tapi kembali lagi, cowok dan cewek emang berbeda jauh. Kita cowok gak akan pernah bisa ngerti cewek, dan sepertinya itu hal yang bagus, bukan? Liat tuh, sesama cewek. Mereka saling pengertian. Hasilnya? Malah menggosipi satu sama lain tiap ada kesempatan. Astaghfirullah.

Comments

Popular Posts