Stage Clear

So yeah.

Jumat kemaren merupakan hari terakhir gue belajar sebagai pelajar SMA. Sekarang, tinggal ada ujian dan abis itu udah. Gue satu langkah lebih dekat ke kehidupan nyata. Dan gue masih belom percaya kalo ini beneran terjadi.

Sama kayak dulu SMP dan SD, SMA terasa terlalu cepat. Di awal, emang pasti rasanya ngeliat tiga tahun ke depan pasti "eeuuuhh lama banget, gue pengen cepet lulus dooong plis ya Tuhan" tapi sekarang, setelah gue ada di posisi itu, rasanya gue gak mau, well, let's just say level up. But hey, what can I do. What can any of us do.

Mau gak mau, kita harus bisa jalan terus ke depan, gak bisa mundur dan gak bisa diam di tempat. Tapi gak ada yang ngelarang buat ngeliat kembali masa-masa gue di SMA.

Tahun 2012. Selesai Ujian Nasional, UN, atmosfer satu angkatan terasa penuh kelegaan dan kebahagiaan. Temen-temen gue pada sibuk daftar sekolah sana-sini. Berbagai sekolah mereka ikutin tes masuknya, dari SMA negeri, SMA swasta, yang top dan juga yang biasa aja. Kecuali gue. Gue udah dapet sekolah. Yap. Sekolah Tiara Bangsa. STB-ACS (International) Jakarta. Mereka ngadain tes masuk buat anak-anak SMA dan itu bukan tes masuk biasa. Dapet beasiswa bo'. Pada saat temen-temen gue masih pada panik belajar ini itu, gue udah bepergian ke Bandung sama keluarga gue.

Tapi, masuk sekolah tersebut gak gampang. Gimana nggak, pertama, sekolah itu mahal, jadi beasiswa itu gak bisa dikasih ke semua orang. Kedua, standarnya tinggi, dari segi akademik dan non-akademik. Ketiga, kurikulumnya beda sama sekolah lokal, jadi yah, belom tentu semua murid bisa handle. Apakah gue termasuk segelintir orang yang punya kualitas seperti itu?

Tidak.

Gue jauh dari kata "pantes" buat tempat di sekolah itu.

Tes yang dikasih cuma dua mata pelajaran, matematika dan bahasa Inggris. Skor gue di bahasa Inggris lumayan jauh di atas nilai lulus. Kalo nggak salah, minimal harus dapet 60% dan gue dapet sekitar 70% kurang lebih. Tapi matematika.........hopeless. Minimal gue harus dapet 65%, gue cuma dapet 40%......kampret. Alasan dari hasil tes itu adalah, well....semasa SMP gue, jujur, jarang nyerempet gak pernah yang namanya belajar. Bahasa Inggris gue bisa lancar karena ada yang namanya televisi, video game, musik, dan lain-lain, jadi bisa lulus. Tapi matematika? Gue mati.

Untungnya, tes masuk tersebut ada dua gelombang, dan peserta yang udah ikut di gelombang pertama tapi gak lulus boleh ikut lagi. Gue pun diikutkan ke tempat les bimbingan belajar dan digembleng pelajaran matematika agar gue bisa masuk ke sekolah itu dan dapet beasiswa. Dan gue kerjakanlah soal-soal tes tersebut pada gelombang ke-2 itu.

Hasilnya?

English - no problemo.

Math? Minimum 65%, gue dapet 64%. Ngehe.

Tapi, lagi-lagi gue dibantu oleh Dewi Fortuna. Eh, tapi musyrik deng, jangan deh. Gue dibantu Tuhan Yang Maha Esa. Salah satu admin yang ngurusin tes masuk ini yang baaaaiiiiik banget, nyuruh gue untuk dateng ke sekolah itu pada hari Sabtu. Yaudah, gue dateng. Saat ketemu dia, dia dengan ramah menyambut gue, dan bilang

"Rory, jadi nilai kamu yang kemaren cuma kurang tipis, dikiit lagi lulus. Nah, kan belum diumumkan nilainya, jadi ini kamu coba kerjakan lagi yang kamu salah atau belum isi."

Ya ampun. Gue gak nyangka kalo ada yang namanya kesempatan ke-3. Gue inget dulu gak cuma gue yang  ada di ruangan itu. Salah satu peserta, yang sekarang jadi teman sekelas gue, juga disuruh datang dan ngerjain lagi soal itu biar bisa lulus. Gak cuma dikasih kesempatan ke-3 aja, Bapak ini juga membantu gue di beberapa soal yang gue kesulitan. Gue bener-bener berterimakasih sama Bapak ini. Gue gak mau sebut namanya, takut-takut dia kena kasus soalnya udah ngebantuin bopung dekil yang otaknya di dengkul masuk ke sekolah elit.

Jadi, luluslah gue dengan skor matematika 66%. Yeah, barely.

Setelah itu, masih ada filter lagi yang harus gue lewati. Interview. Yap. Gue bakal berbincang dengan Kepala Sekolah, Vice Principal, dan Executive Principal (pokoknya semacam itu lah, posisinya paling atas) dari STB. Dalam bahasa Inggris. Dan entah bagaimana ceritanya, gue bisa lolos. Gue inget yang gue bilang cuma "I will try my best and work hard to earn the very best" dan sampe sekarang, nilai gue gak pernah ada yang gemilang. Jangankan gemilang, yang standar aja cuma kadang-kadang. Oh well.

Dan jadilah gue murid STB-ACS (International) Jakarta yang sekarang namanya cuma ACS Jakarta. Hampir semua cerita, mulai dari summer school sampe kelas 12, gue pernah tulis, jadi gue gak mau capek-capek nulis lagi di sini. Satu hal yang gue perhatiin setelah gue masuk di STB, 10R, yaitu kelas khusus anak beasiswa, setelah angkatan gue, pesertanya gak dibolehin ikut dua gelombang. Cuma boleh sekali. Entah kenapa gue ngerasa bahwa gue bermain peran dalam penetapan peraturan tersebut.

Dari masa SMP di mana kata "belajar" cuma sebatas idealisme sampe sekarang udah di ujung SMA, di mana selama tiga tahun cuma ada belajar belajar dan belajar. Well, actually there are more than just studying, of course. Way more. And I don't think I'll be able to forget that.

Kalo hidup gue ini kayak video game, berarti gue lagi mau menghadapi final boss dari stage ke-3 dan gue bakal lanjut ke stage 4. And boy, oh boy, I know stage 4 won't be a walk in the park. But hey, I can always look back and learn from what I've done in stage 3. I might even reminisce for a bit.

Comments

Popular Posts