2 Guys, 1 Cup. Literally.

Gua baru keinget satu kejadian tolol yang terjadi antara gua sama Kopet. Waktu itu, kita mau hangout ke BP (Bintaro Plaza). Kalo gak salah sekitar jam 11 pagi, gua mandi dan berpakaian alakadarnya. Dulu, BP gak kayak sekarang. Dulu alay-alay masih merajalele, eh, merajalela di BP. Sekarang kan udah bagus, jadi jumlah alay berkurang drastis di sana. Ini dilakukan untuk memperindah image mereka di mata publik, juga untuk menarik lebih banyak customer, terutama kaum elit, dan menggaet profit lebih banyak. Dengan begini, sales revenue-nya akan meningkat. Oke, kenapa gua jadi ngomongin bisnis gini?
Gua cuma pake kaos putih polos (baca: DALEMAN) dan jeans pendek. Sepatu? Crocs. Merah. Yeah gaul abis. Setelah selesai siap-siap, gua ke rumah Kopet. Gua ketok-ketok rumahnya dan dijawab sama asisten rumah tangganya. 'Mbak, Raka-nya ada?', gua nanyain pake nama aslinya. 'Oh ada sebentar dulu ya, saya panggilin dulu. Mas Rakaaa, ini ada yang nyari'! Gua tunggu beberapa detik. Tiba-tiba, dia nongol di depan pintu rumahnya. Boy, I can't believe what I'm seeing.

Dia berdiri di situ, dengan muka sumringah, pake topi beanie ala reggae-reggae gitulah, kalung nazi, baju gombrong dengan gambar middle-finger (ya, such shirt does exist), skinny jeans robek-robek, sepatu....gak pake. Pakenya sendal jepit. 'Gimana bro, penampilan gue?' tanya dia. Gua diem sejenak. Lalu, setelah gua sadar itu bukan ilusi, gua merespon, 'Bro, ini 2012 udah mau abis men. LO NGAPAIN PAKE BAJU BEGITUAN KEPRET?' 'Eh, lo gak tau apa? Ini namanya gaul men, cool. Daripada lo, cuma make kaos oblong sama celana pendek. Kayak pemulung aje' 'Ya daripada mirip tukang odong-odong pecandu ditambah muka lo kayak gitu, mendukung banget woi! Kalo ada polisi lewat bisa dipenjara lo. Lagian kita kan cuma mau ke BP, ngapain sampe gini amet sih?! Gak malu apa?' kata gua, sewot. 'Yaelah lebay lo, ini nih buat narik cewek-cewek. Cewek-cewek sekarang tuh seneng sama model begini. Yang cool abis. Ngapain malu? Ya nggak lah' 'Elu kagak malu, gua bego yang malu'. Cool mananya. Kalo mirip Tukul sih, iya. Gua juga rada bingung apa yang terlintas di otaknya bahwa gaya semacam itu bisa narik cewek manapun. Yang ada dia ditarikin sama massa, digebukin, mati.

Pada akhirnya, yowes gua biarin. Udah capek debat. Kita ke sana naik angkot. Sesampainya di sana, dia langsung jalan kayak orang abis sunat. Kaki sedikit dibengkokin, ngangkang dikit, terus jalan. Baru masuk aja, orang-orang udah pada ngeliatin kita. Ya, gua juga kena imbas dari pakaian yang dipakai Kopet. Perlahan-lahan gua menjauh. Pas dia sadar gua udah menjauh dia bilang, 'Woi Ror, ngapain sih jauh-jauh'? Mata orang-orang langsung tertuju ke gua, yang denger dia ngomong gitu. Wajar, dia agak teriak. Gua menjawab, 'Excuse me but I don't know you'. Orang-orang pun kembali ke kerjaannya masing-masing. Dia pun nanya ke gua, barusan gua bilang apaan. FYI, his can't speak English. Gua bilang aja, 'Tadi gua mau kentut, takutnya lu kebauan'. Dia percaya aja. Ya udah, lanjut deh jalan.

Setelah muter-muter BP gak karuan, kita singgah di sebuah kafe di sana. Saat ngantri, dia nyikut gua dan bertanya, 'Ror, duit lu masih ada gak?' 'Masih. Kenapa?' 'Tinggal berapa?' 'Gak tau, pokoknya masih ada' 'Liat dulu lah masih ada berapa'! Gua merasa ada yang salah. Gua pun ngeliat dompet, ada sisa 15 ribu. Gua jawab dia, '15 ribu. Kenapa sih emangnya?!' 'Liat daftar harganya'! Gua ngedongak untuk melihat daftar harga yang dia maksud. Guess what? Menu paling murah aja 20 ribu. Kampret.
'Anjrit, kurang dong!', gua panik. Entah sengaja sok polos emang dasarnya bloon, dia bilang, 'Emang gak bisa nawar ya?' 'YA GAK BISA LAH NGEHE. LU KIRA DI PASAR APA?!' 'Yaudah patungan, lu 15 ribu, gua 5 ribu' 'Lha, emang lo gak mau beli sendiri?' 'Mau' 'Terus, kenapa patungan?' 'Itu tadi sisa duit gua tinggal segitu'.

Ampyun.

'Aargh yaudah gausah beli aja deh!' 'Jangan Ror, gaenak. Udah ngantri' 'YA TERUS GIMANA?' 'Nggg....naah! Kita minumnya satu cup berdua aja!'
That, ladies and gentlemen, adalah hal yang paling maho yang pernah gua dengar sejauh ini. He actually mean it.
Tibalah giliran kita untuk mesen.
'Silahkan pesanannya!', kata si mbak kasir. Gua pun bilang, 'Ngg, itu yang 20 ribu itu mbak satu' 'Ooh, latte-nya mas?' 'Iya, he-eh itu' 'Mas yang satu lagi mau pesan apa'? Si Kopet pun menjawab, 'Saya barengan sama dia mbak'.

Si mbaknya diem. Gua juga diem. Kopet juga diem. Kepret banget malunya.

Si mbak melanjutkan, 'Ngggh jadinya mas cuma pesen satu latte?' gua jawab dengan canggung, 'I...iya mbak' 'Buat berdua?' 'Y...ya...gitulah'. Harga diri gua sebagai cowok straight-pun dipertanyakan oleh seisi kafe. Gua minta aja dibungkus. Setelah jadi, kita langsung cabut. Gua kasih aja tuh latte buat dia. Dia senengnya bukan main. Kasian juga tuh anak. Satu hal yang kita berdua lupain, kita tadi berangkat naik angkot, dan berarti pulang juga naik angkot. Duit kita berdua sama-sama abis, buat satu cup latte yang membuat harga diri gua turun itu. Akhirnya? Ya...jalan kaki.

Begitulah.

MORAL:
JANGAN PERNAH HANGOUT BERSAMA ORANG YANG
SALAH GAUL SEPERTI INI. OH IYA SAMA SATU LAGI,
HARGA LATTE ITU TERNYATA MAHAL.


Comments

Popular Posts