Sweet 5th Grade

Ya bisa dibilang, kelas 5 SD itu saat-saat paling enak buat gua, seenggaknya sejauh ini. Di sini, gua masih sekelas sama temen-temen gua di kelas aksel ditambah beberapa lagi dari kelas yang normal. Di sini, gua nemu lagi sahabat gua yang, Alhamdulillah, sampe sekarang kadang masih saling contact. Sebenernya, gua kalo di kasih option untuk contact yang dua lagi juga masih mau banget, tapi sayangnya mereka sibuk banget, dan gua ga ada nomer telepon mereka. Pin BBM? Gua gak pake BB sompret. Alhasil, kita jadi rada renggang. Di twitter, mereka gak terlalu aktif. Paling cuma mention-mentionan kalo lagi ada yang ultah. Yah jadi, gitudeh pokoknya. Salah satu kejadian yang asik di kelas 5 ini adalah waktu ada anak pindahan dari Inggris. Ya, dari Inggris. Tapi orang Indo sih, hehe. Dia dari kecil di Inggris gitu maksudnya. Dia cewek, terus pas masuk dia belom bisa bahasa kita, Bahasa Indonesia. Jadi mau nggak mau, pake bahasa Inggris. Tapi lama-kelamaan, dia bisa juga. Tapi awal-awal baru bisa, bahasa Indo dia masih level di bawah standar untuk anak lokal. Kalo ngomong masih canggung. Misalkan, kalo kita desek-desekan, bilangnya, "Aduh!" atau "Aw!" atau sejenisnya. Kalo dia, "Aduh banget"! Ya, WTF sekali kan? Kalo dia bilang gitu sekarang, udah diolok-olok "WOO CAH INGGRIS 4L4Y". Untungnya tidak. Dia masih suka contact gua. Kadang-kadang doang sih, gak segitu seringnya. Kenapa bisa? Dia temennya Kursi. Pretty straightforward right?

Sekarang, kita masuk ke bagian menarik buat gua dan mungkin membosankan buat lu semua. Jadi lagi pelajaran bahasa Inggris, dan guru bahasa Inggris gua nugasin kita sekelas untuk membuat drama secara berpasangan. Girang bukan main kita. Kita udah rame sendiri nyari pasangan pilihan masing-masing. Pasangan buat drama maksudnya kan lagi dikasih tugas drama berpasangan ah lu pada pikirannya kemana-mana. Lalu, guru gua melontarkan kalimat yang membuat kelas menjadi antiklimaks dalam sekejap. "But children, I will decide who will be paired with who".

Semprul.

Sekelas kecewa, kecuali gua. Entah kenapa waktu itu, gua lebih seneng kalo ada tugas berpasangan dipilihin guru. Lebih kerasa intensitasnya. Kalo dapet pasangannya yang cowok, ya Alhamdulillah. Kalo dapet pair cewek yang kinclong dan rajin, Alhamdulillah. Kalo dapet pair-nya cewek kusem tapi masih rajin, Alhamdulillah. Kalo dapet pair-nya cewek kusem terus mualesnya gak ketulungan, baru kecewa. No offense ya temen-temen. 

Guru gua memulai pemilihan dengan murid pertama yang dia tunjuk. "You, you are paired with the other you". Mendengar keputusan kilat guru gua yang kayaknya gak pake mikir itu, gua jadi deg-degan, karena ada feeling bakal dapet yang kategori mengecewakan. Keputusan kilat itu berlanjut, sampai pada akhirnya nyampe di gua. "Rory", kata guru gua. "Y..yes miss?", sahut gua dengan sedikit gugup. Ini kenapa bagian gua kok dipikir dulu? "You will be paired with.....". Jantung gua makin cenat cenut. Ini kenapa dipikirnya rada lama. Gua udah mikir yang aneh-aneh waktu itu. Gua udah berpikir kalo gua bakal dipasangkan sama salah satu penjual di kantin sekolah gua. Lalu akhirnya, sebuah nama pun terlontar dari mulutnya, "Kursi".

BLAM

Belom sempet gua bereaksi apa-apa, temen-temen gua dari kelas aksel udah nyorakin duluan. "CIEEE RORY KURSI CIEEEE WUUU". Ini jelas memprovokasi untuk memulai sebuah keributan, dan bener aja gua. Temen-temen yang lain ikutan, walaupun mungkin mereka gak tau ceritanya gimana. "CIEEEEEE RORY AHAIIIII CIE CIEEEE". Padahal gua pengen komplain, tapi apa daya suara gua kalah sama suara teriakan satu kelas yang kacrut ini. Tapi serius, gua mau komplain buat ganti partner. Iya, serius.
Jadi akhirnya mau gak mau, drama sama Kursi. Pulang sekolah, gua les, lalu akhirnya sampai di rumah. Main. Sampe Maghrib. Tugas pun terlupakan. Gua baru inget sama tugas ini malemnya, abis ngeliat agenda. Gua panik gak ketulungan. Kenapa? Drama ini bakal dimainin. BESOK. Dan gua nulis satu huruf aja belom buat drama ini. Gua pun nanyain nyokap nomernya si Kursi. Nyokap lalu memberikan gua tiga nomer. Gua coba yang pertama.......gak bisa. Nyoba yang kedua........ga ada yang ngangkat. Nyoba yang ketiga.....*tuut tuut*. Langsung sujud syukur gua.

Akhirnya, telepon pun diangkat. 'Halo?', kata gua. 'Ya, halo', kata orang yang terdengar seperti ibu-ibu di telepon seberang. 'Ehh, Kursinya ada gak tante?', gua tanya. Karena gua kira itu nyokapnya atau mungkin pembantunya, gua tanya aja begitu. Ternyata eh ternyata, dijawab sama si ibu, 'Di sini gak ada tuh yang namanya Kursi. Salah sambung kali ya'.

Gondok.

'Eh, euh....yaudah deh, makasih ya om eh, tante eh, bu'. Namanya juga malu, maklum lah. Gua pun kembali nanya ke nyokap nomer yang lain. 'Mama cuma punya itu, coba aja lagi', kata nyokap. Yaudah gua coba lagi. Gebleknya, gua nyoba lagi YANG TADI SALAH SAMBUNG. Dalam otak gua waktu kelas 5 dulu, gua berpikir mungkin yang ngangkat salah orang dan gak tau Kursi. Tapi, reaksinya sama. Karena masih penasaran, gua telepon lagi. Ya, jadinya 3 kali gua nelepon si ibu-ibu. 'Heeeuuuhh....udah dibilangin di sini ga ada yang namanya KURSI' 'Eh eeehh iya bu maap, salah pencet tadi'. Begitulah.
Gua akhirnya nyoba nomer yang kedua, yang gak diangkat. Akhirnya, telepon pun diangkat. Yang ngangkat? Ibu-ibu lagi, tapi suaranya beda. Takut salah sambung lagi, gua nanya dengan gugup, 'Ee..tante, ini bener ya nomer rumahnya Kursi?' 'Iya bener, ini temennya ya?' 'I..Iya tante', jawab gua sambil sujud. 'Kamu mau ngomong sama Kursi?' 'Eee iya tante' 'Oh tunggu sebentar ya, tante panggilin'.
Lalu, terdengar si ibu manggil-manggil Kursi. Lalu, nongol suara dari seberang telepon. 'Halo?', kata dia. 'Halo, Kursi?' 'Iya, kenapa lu nelepon malem-malem gini Ciyn'? Bukan. Dia bukanlah alay. Ciyn di sini adalah nama temennya dulu, terus gua karang sendiri biar orangnya gak kesindir. Sayangnya, si Ciyn ini berjenis kelamin perempuan. Sompret gua dikira cewek. Mungkin, saat tadi ibu-ibu yang nerima denger suara gua yang masih cempreng itu, dia kira gua cewek. 'Eh tunggu ini bukan Ciyn, ini Rory...'

Hening.

'Ooh sori sori tapi kok suara lo gini sih?' 'Ya....emang takdir udah begini'

Hening. Lagi.

Gua dengan cepat membuyarkan keheningan yang canggung ini. 'Eeeuh ini lho Kur, kita kan drama inggris besok, kita belom ada ide apa-apa' 'Oh iya, sampe lupa. Eh jadi ini gimana nih?' sekarang kebalik dia yang panik. Singkat cerita, kita ngobrol bahasin drama ini sampe rada lama. Karena gak mau garing, gua usulin di drama kita ada sesuatu yang unexpected. Akhirnya jadi juga. Besoknya, kita pun maju buat nunjukin drama kita. Bukannya mau nyombong atau apa but believe it or not, kita sukses. Bisa dibilang paling sukses. Kenapa? Guru gua ketawa, temen-temen juga sama. Tepokannya juga paling meriah. Berkat apa? Berkat bagian yang unexpected itu tadi. Beh.

Oh iya buat penutup, ada satu hal yang perlu gua bilang. Dulu waktu SD, gua berinteraksi sama semua temen-temen bukan pake 'gue lo', melainkan masih pake 'aku kamu'.


Comments

Popular Posts